MASSAL Adakan Giat Kerja Bakti | Kompepar Subang | Yu Ulin ka Subang

MASSAL Adakan Giat Kerja Bakti

Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019,
Gerakan Masyarakat Sadar Lingkungan (MASSAL) menggelar kerja bakti dengan ‘beberesih’ Tugu Seeng dengan mengusung tema “Membangkitkan Jawara Riksa dan Jawara Wisata, di Desa Paku Haji, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Minggu (24/2/2019).

Selain berbagai elemen masyarakat Subang yang berasal dari komunitas, kalangan pelajar, dan ormas di Subang, acara ini juga diikuti oleh para personil TNI dan Polri yang bertugas di wilayah setempat.

Turut hadir pada kesempatan itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang H.Yayat Sudrajat beserta jajarannya yang juga menurunkan satu unit mobil truk sampah ke lokasi kegiatan untuk mengangkut sampah yang telah dikumpulkan.

Selain itu hadir juga, Danramil Tanjungsiang Kapten Arm Agus Suprijadi, Kapolsek Cisalak, dan aparatur desa setempat.


Adapun kegiatannya dimulai dari memungut sampah, memangkas rumput disekitar tugu seeng, dan aksi mempercantik land mark tugu seeng dengan mengecatnya dengan warna yang berbeda-beda.

Ketua konsorsium Masyarakat Sadar Lingkungan (MASSAL), Alam Rantjatan menuturkan hingga saat ini pengelolaan sampah masih dirasakan bermasalah dan belum optimal, terlebih masyarakat pun banyak yang belum sadar terhadap kebersihan.

Untuk itu, kata Alam, melalui kegiatan bebersih ini bertepatan dengan HPSN 2019, kembali menggalakan sadar lingkungan kepada masyarakat Subang.

“Intinya kegiatan ini mengajak warga masyarakat Subang untuk sadar lingkungan. Mari jaga bersama-sama jangan sampai lingkungan kumuh,”ujarnya.

Ia juga prihatin, bahwa sistem pengelolaan sampah saat ini belum sesuai dengan metode dan teknik pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan.

“Sehingga menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan,”ungkapnya.

Secara terpisah, Kadis Lingkungan Hidup Subang Yayat Sudrajat mengaku sangat bangga sekali dengan adanya kegiatan beberesih tersebut.

Adapun komunitas yang bergabung dalam aksi Massal tersebut, Teruna Pecinta Alam Subang (TEPAS), PPL Warna Alam, Penmasta Al-Istiqomah, PAC PP Tanjungsiang, 9 Jawara, Sakakalpataru Subang, PKPPI, KLSSS, Pramuka, dan beberapa aktivis lingKungan lainnya se- Kabupaten Subang.

“Saya merasa bangga dengan adanya kegiatan ini elemen masyarakat atau pun warga masyarakat, agar supaya bisa selalu menjaga kebersihan keindahan lingkungan kita sendiri, “pungkasnya.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *